Senin, 24 Agustus 2015

Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela

Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela - Selamat datang di situs kami yang membahas tentang Desain Rumah, pada artikel yang sedang anda baca ini mengenai Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela, saya mencoba untuk membuat ulasan tentang ini secara lengkap dan semoga apa yang kami sampaikan di dalam Artikel Teori Bangunan, dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Berbagai ide cantik dan kreatif seputar desain rumah yang Ok untuk kita jadikan referensi, selamat berkreasi dan jangan lupa untuk membagikan ke sosial media anda semua.

Judul : Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela
link : Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela

Baca juga


Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela

Setiap bangunan, khususnya rumah tinggal, pasti terdapat pintu dan jendela sebagai bagian wajib yang harus ada. Ada sebagian orang yang dalam memilih dan memasang pintu dan jendela mempertimbangkan banyak factor, tapi tak sedikit pula yang hanya asal memilih dan memasang, padahal ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan dalam pemasangan pintu dan jendela.
Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Dalam Pemasangan Pintu dan Jendela
Pemasangan Pintu dan Jendela
Fungsi Pintu dan Jendela

Pintu dan jendela merupakan konstruksi yang dapat bergerak, bergeraknya pintu atau jendela dipengaruhi oleh perletakan/penempatan, efisiensi ruang dan fungsinya.

Dalam sebuah bangunan, pintu dan jendela mempunyai banyak fungsi, diantaranya sebagai berikut:

Fungsi pintu:
Sebagai sarana lintas antara bagian dalam dan bagian luar bangunan. Selain itu, dalam kegiatan atau komunikasi antar ruang maka pintu sangat diperlukan.

Fungsi jendela 
Berikut ini beberapa fungsi dari jendela:
  • Sebagai penerangan alami ruangan
  • Sebagai pengatur suhu ruangan sirkulasi udara
  • Untuk melihat pemandangan atau situasi luar bangunan
Dalam perencanaannya, pemasangan pintu dan jendela sebaiknya mempertimbangkan banyak faktor. Setidaknya dalam merencanakan pintu dan jendela, ada 4 (empat) hal yang harus dipertimbangkan, yaitu :

1. Matahari
Sebagai sumber pengurangan dan penambahan panas, pintu dan jendela dalam peletakkannya sebaiknya diletakkan di sisi sebelah timur dan/atau barat.

2. Penerangan
Untuk menghasilkan penerangan alami sebuah ruangan, dengan menempatkan jendela dekat sudut ruangan maka dinding didekatnya disinari cahaya akan memantulkan ke dalam ruangan.

3. Pemandangan
Jendela sebaiknya ditempatkan untuk memberi bingkai pada pemandangan. Ketinggian ambang atas jendela sebaiknya tidak memotong pemandangan orang yang duduk ataupun berdiri di dalam ruangan, juga jangan sampai kerangka jendela membagi dua atau lebih suatu pemandangan.

4. Penampilan
Penampilan pintu dan jendela juga perlu diperhatikan, karena jendela akan dapat mempengaruhi penampilan eksterior rumah atau bangunan.

Persyaratan
Hal-hal yang tidak boleh dilupakan dari pemasangan pintu dan jendela dalam sebuah bangunan adalah mengenai persyaratan yang harus dipenuhi, syarat-syarat tersebut diantaranya meliputi:
  • Pintu dan jendela yang dipasang dapat bekerja dengan aman
  • Tahan terhadap pengaruh cuaca, untuk mendapatkan ketahanan terhadap cuaca maka bahan yang digunakan untuk membuat pintu dan juga jendela harus dipilih dari bahan yang baik, tidak mudah lapuk, tidak mudah mengalami kembang/susut (muai, melengkung)
  • Tidak ada celah/ cahaya yang tidak dikehendaki masuk, cuaca (suhu udara) masuk ke dalam ruangan.
  • Pintu dan jendela harus kuat
  • Dalam sebuah ruangan, minimal harus ada 1(satu) buah jendela
Demikian tadi sekilas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pintu dan jendela. Semoga dalam memilih bahan dan memilih perletakkan pintu dan jendela yang baik dan benar bisa memberi dampak positif terhadap bangunan yang kita tempati. Karena, bagaimanapun juga pintu dan jendela merupakan salah satu factor yang menjadi penunjang utama dalam keindahan rumah dan juga memaksimalkan fungsi rumah atau bangunan yang kita tempati. Semoga bermanfaat.

(Disarikan dari Buku Teknik Konstruksi Bangunan Gedung Jilid 2, Untuk SMK, A.G Tamrin)

Baca juga artikel 30 pelet ampuh


Selesai artikel Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela

Kami berharap dengan artikel Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela ini, mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi dan berbagi tentang dunia desain rumah arsitektur interior dan exterior. Sampai ketemu lagi di artikel kami selanjutnya

Anda saat ini sedang membuka halaman Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela dengan alamat link http://desainrumah-miau.blogspot.com/2015/08/fungsi-syarat-dan-pertimbangan.html


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar